Cara Mencari Jurnal Terakreditasi SINTA

510

Pada laman SINTA, biasanya orang akan mencari jurnal yang memiliki reputasi baik sesuai penilaian tim SINTA atau yang dikenal dengan istilah terakreditasi. Pada awalnya, sistem penilaian akreditasi untuk jurnal nasional adalah dari terakreditasi A, terakreditasi B, dan tidak terakreditasi. Namun, mulai tahun 2018 sistem penilaian berubah menjadi jurnal nasional terakreditasi dan tidak terakreditasi.

Jurnal nasional terakreditasi adalah jurnal yang memiliki keistimewaan tertentu dari penilaian. Jurnal nasional terakreditasi adalah “majalah ilmiah yang memenuhi kriteria sebagai jurnal nasional dan mendapat status terakreditasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan masa berlaku hasil akreditasi yang sesuai.” Sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah, dalam pasal 6 disebutkan bahwa jurnal nasional dikatakan terakreditasi apabila ”proses akreditasi jurnal ilmiah dilakukan secara elektronik melalui jejaring teknologi informasi dan komunikasi.” Dengan kata lain, semua jurnal yang diterbitkan harus tersedia dalam bentuk daring atau memiliki E-ISSN (ISSN daring) agar artikel dapat ditelusuri, secara transparan dapat diperiksa terutama terkait dengan plagiarisme atau agar tidak terjadi tumpang tindih pengembangan keilmuan, dan meningkatkan daya baca (jurnal terbukti memiliki daya tarik untuk dibaca dengan menghadirkan sitasi). Dalam pasal 6 pada ayat (2) juga dinyatakan peringkat jurnal sebagai hasil akreditasi jurnal ilmiah, yaitu:

  1. Peringkat 1 (satu) dengan nilai (n), 85 (delapan puluh lima ≤ n ≤ 100 (seratus). Peringkat 1 dikenal juga sebagai SINTA-1 (S1), sebelumnya disebut terakreditasi A.
  2. Peringkat 2 (dua) dengan nilai (n), 70 (tujuh puluh) ≤ n < 85 (delapan puluh lima). Peringkat 2 dikenali juga sebagai SINTA-2 (S2), sebelumnya disebut terakreditasi B.
  3. Peringkat 3 (tiga) dengan nilai (n), 60 (enam puluh) ≤ n < 70 (tujuh puluh). Peringkat 3 dikenali juga sebagai SINTA-3 (S3).
  4. Peringkat 4 (tiga) dengan nilai (n), 50 (lima puluh) ≤ n < 60 (enam puluh). Peringkat 4 dikenali juga sebagai SINTA-4 (S4).
  5. Peringkat 5 (lima) dengan nilai (n), 40 (empat puluh) ≤ n < 50 (lima puluh). Peringkat 5 dikenali juga sebagai SINTA-5 (S5).
  6. Peringkat 6 (enam) dengan nilai (n), 30 (tiga puluh) ≤ n < 40 (empat puluh). Peringkat 6 dikenali juga sebagai SINTA-6 (S6).

Semua jurnal nasional yang sudah terindeks pangkalan data bereputasi seperti Scopus masuk kategori jurnal nasional terakreditasi SINTA-1, sedangkan jurnal-jurnal nasional yang sudah terindeks pangkalan data DOAJ (Directory of Open Access Journals) masuk kategori jurnal nasional terakreditasi SINTA-2. Jurnal Nasional Terakreditasi Peringkat 1 pada umumnya sudah memiliki indeks oleh pangkalan data pengindeks bereputasi, oleh karena itu jurnal nasional terakreditasi Peringkat 1 dengan semua artikel yang terbit dalam bahasa Internasional (Arab, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol, dan Tiongkok) dikategorikan juga sebagai jurnal internasional atau jurnal internasional bereputasi.

Untuk mencari jurnal di SINTA langkah pertama adalah dengan mengakses ke laman https://sinta.ristekbrin.go.id/. Setelah itu arahkan mouse ke menu “SOURCES” dan klik sub menu “JOURNALS”. Selanjutnya kita dapat langsung mengetikan topik yang ingin kita cari pada kolom pencarian.

Komentar Anda